Damai Indonesiaku “Teknologi Membangun Peradaban” ITS Surabaya (bag 1)


Damai Indonesiaku ITS Tv One

Damai Indonesiaku ITS Tv One

Sabtu 23 Februari di Masjid Manarul Ilmi kampus ITS Sukolilo, ITS TPKI bekerja sama dengan TV One dalam Damai Indonesiaku Surabaya mengadakan acara Pengajian  Teknologi membangun Peradaban. Dalam acara ini dihadirkan 3 pembicara bidang keagamaan dan teknologi yaitu Syeh Ali Jabir (madinah), Gus Ali masyhuri Tulangan Sidoarjo dan Prof Dr Abdullah Syahab Guru Besar ITS.

Materi bahasan pengajian awal yaitu Mencitai bangsa dan umat Manusia diisi oleh Syeh Ali Jabir. Dalam ceramahnya, beliau menyampaikan beberapa nasihat dan pesan kepada para mahasiswa ITS dan jamaah hadir. Pesan berisi tentang kemuliaan mencintai Bangsa dan Negara serta Umat manusia.

Kemuliaan manusia adalah dengan menyayangi manusia lainnya melebihi saying terhadap dirinya sendiri. Berikan kasih saying perhatianmu pada bangsa dan Negara serta manusia melebihi engkau menyayangi dirimu sendiri. Doakan orang-orang yang kita cintai. Sesungguhnya doa untuk orrang lain akan diamini para malaikat dan pasti akan dikabulkan. Dan sesungguhnya doa itu juga akan kembali pada dirinya. Keutamaan mencintai sahabat kerabat keluarga, tetangga, masyarakat, bangsa dan Negara adalah lebih mulia dibbanding dengan itikaf di masjid Nabawiy madinah.

Allah tidak akan merubah suatu kaum dan masyarakat menuju kebaikan kecuali kaum tersebut berusaha untuk merubah. Adapun manusia yang diselamatkan dari kerugian adalah;

  1. Iman
  2. Ibadah
  3. Cinta Orang Sholeh
  4. Orang Yang Bersabar

Setiap manusia mempunyaikesalahan dan Allah mengampuni kesalahan manusia selama manusia itu mau memperbaiki kesalahannya. Ampunan Allah SWT lebih besar dari dosa manusia.

Sebagai pelajar menuntut ilmu, tuganya adalah belajar, mengamalkan ilmu dan belajar dari kesalahan. Orang cerdas itu mau disalahkan dirinya dan belajar untuk memperbaiki. Manusia lebih banyak belajar dari kesalahan yang terjadi. Ini disebut dengan Mushahabah. Mushahabah memperbaiki diri dari kesalahan. Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin dan hari esok harus lebih baik dari dari hari ini. Kewajiban pelajar juga untuk selalu bermushahabah. Dan yang penting adalah jadilah manusia untuk member bukan untuk menerima. Kontribusikan ilmu untuk kebaikan orang lain bangsa dan Negara.

Beliau juga berpesan jangan lupakan dan selalu ingatlah kebaikan orang lain terhadap kita. Yang harus dilupakan adalah kesalahan orang lain terhadap kita dan kebaikan kita kepada orang lain. Kejahatan akan hilang jika dibalas dengan kebaikan. (bersambung Bag 2)

by Adlin

About ridlin

no body reason

Posted on 28 Februari 2013, in Mauidhoh Hasanah. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: